14 Mar 2013

Siapa Raka?

Siapa Raka?

Itulah pertanyaan yang belakangan ini sering saya terima dari teman-teman yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca blog ini (thank you for reading. Hehehe).

Saya juga gak mungkin memberikan jawaban yang pasti mengenai siapa Raka. Jawaban yang bisa saya berikan biasanya hanya, “ada deh…” , “siapa yaa…” , “mau tau aja apa mau tau banget?” , ataupun jawaban super singkat seperti “lahacia”.

Jadi begini,

Sebenarnya, Raka adalah nama tokoh di salah satu novel kesukaan saya yang berjudul Let Go, ditulis oleh Windhy Puspitadewi. Tokoh utama dalam novel ini adalah seorang siswa berseragam putih abu-abu bernama Caraka Pamungkas.

Saya suka kesulitan menemukan nama untuk tokoh utama tulisan fiksi saya. Nama yang saya inginkan adalah nama dimana tidak ada orang yang saya kenal yg menggunakan nama tersebut. Karena menurut saya, menggunakan nama orang yang sudah dikenal sebagai nama tokoh untuk cerita fiksi hanya akan menghancurkan imajinasi.

Untuk nama tokoh utama, saya selalu mencari nama dengan huruf depan R. Yap, saya suka huruf R karena huruf depan nama saya juga R.

Raka, huruf depannya R dan saya belum pernah punya teman bernama Raka. Jadi, nama Raka memenuhi 2 syarat utama untuk dijadikan nama tokoh utama.

Dan sampai saat ini, saya belum menemukan nama tokoh utama (pria) yang lebih baik dari Raka.

Mungkin ada yang ingin menyumbangkan nama? Dengan senang hati akan saya tampung :D

***

Novel Perahu Kertas-nya Dewi Lestari semakin membuat saya bersemangat untuk menciptakan sepasang tokoh dengan huruf depan nama yang sama seperti Kugy dan Keenan. K&K, bagus kan?

Sayangnya, sampai detik ini saya belum juga menemukan nama dengan huruf depan R untuk tokoh utama wanita. Saya belum menemukan nama yang tepat untuk disandingkan dengan Raka.

Saya juga suka baca-baca buku nama bayi di Gramedi* cuma buat nyari nama perempuan yang huruf depannya R. Tapi masih belum nemu yang pas. Ergg..

Itulah sebabnya di 5 episode Short Story yang sudah saya posting di blog ini, nama tokoh wanitanya tidak pernah disebut sama sekali. Dan teman-teman yang membaca pasti berasumsi bahwa “aku” disana adalah saya. It’s totally wrong.

5 episode Short Story yang sudah saya posting di blog ini sebagian besar berasal dari hasil karangan dan imajinasi. Sama sekali bukan based on my true story.

Tapi mungkin sedikit banyak apa yang ditulis gak akan bisa lepas dari.. ehem, pengalaman pribadi ataupun orang lain.

***

Kalo masih ada yang ngeyel bertanya, “siapa Raka?”, mungkin lebih tepat jika pertanyaannya diubah menjadi, “siapa yang menginspirasi hingga muncul tokoh bernama Raka?”. Hehehe

Yap, demikian klarifikasi ini saya tulis dengan sebenar-benarnya (tsaaaah). Semoga bisa menjawab pertanyaan teman-teman yang penasaran dengan Raka.

Raka bukan siapa-siapa. Raka cuma sebuah nama yang saya suka :D

2 komentar:

  1. holaa raudhaa.....
    baru mampir jadi nggak tau apa2.. hihihi

    kalo ada waktu mampir ya ke blogq :)

    BalasHapus

Leave your comment here :D