1 Jan 2013

Perjodohan?


Di malam tahun baru yang gegap gempita dengan suara terompet, petasan, bleyeran, serta kemacetan dimana-mana ini, saya pengen nulis sesuatu yang memang agak random.

Jadi ceritanya udah 3 hari belakangan ini, rumah saya rame. Lagi ada saudara dari Riau yang dateng.

Abang sepupu saya yang di Riau abis nikah tanggal 16 Desember kemaren. Istrinya juga orang minang, tapi tinggal di Jakarta. Jadinya, pernikahan diselenggarakan di Jakarta, di rumah mempelai wanita.

Abang dan Kak Eka (nama istrinya) baru kenalan kurang lebih 3 bulan yang lalu. Waktu itu si abang emang udah niat buat nyari calon istri. Jadinya dia dikenalin ama kak Eka. Perantaranya ya kedua orang tua. Abang dan kak Eka cuma ketemu 2x. Kemudian keduanya merasa cocok, lalu tanggal pernikahan langsung ditentukan. Ya, begitulah budaya perjodohan yang ada di keluarga saya.

Mungkin “dicarikan jodoh” lebih tepat menggantikan kata “perjodohan” yang kesannya Siti Nurbaya banget.


Kedua orang tua saya asli minang. Papa anak ketiga dari sepuluh bersaudara. Sedangkan mama anak kedua dari dua bersaudara. Sepupu saya yang dari keluarga papa ada buanyaak. Saya sendiri adalah cucu ke 10 kalo dihitung dari keluarga besar papa. Kalo dari keluarga mama, saya cuma punya sepupu 3. Memang keluarga mama lebih minimalis jumlahnya.

Kadang saya sendiri suka bingung dengan silsilah keluarga, terutama keluarga papa, yang banyak banget itu. Kalo udah sekalinya ngumpul, satu rumah gadang pun bakal terasa sempit untuk menampung kami semua.

Keluarga besar saya bisa dibilang masih ‘konvensional’. Masih kental budayanya. Masih memegang teguh adat istiadat. Termasuk dalam hal pencarian jodoh
Dalam keluarga kami tidak mengenal kata “pacaran”. Mengenalkan apalagi membawa pacar ke hadapan orang tua dianggap hal yang tidak pantas. Jadi, sepanjang sejarah yang saya tau, tidak pernah ada yang berani melakukan hal itu dalam keluarga besar saya. “Dilarang membawa pacar ke rumah” seolah-olah telah menjadi peraturan tak tertulis dalam keluarga. Kami, sebagai anak, menerima peraturan ini dengan baik tanpa berusaha menegosiasikan apapun.

...

Kakak dan abang sepupu saya yang udah nikah sebagian besar melalui proses perjodohan. Dijodohin disini artinya bukan dipaksa nikah. Kedua calon cuma dipertemukan. Kalo keduanya saling suka, tanggal pernikahan langsung ditetapkan. Tapi kalo ada salah satu yang tidak suka, semuanya berakhir saat itu juga. Tidak ada unsur paksaan samasekali. Jadi intinya gak ada proses pacara beberapa bulan apalagi sampai bertahun-tahun.

Dalam sistem perjodohan seperti ini, ada sebuah prosesi yang dinamakan “Timang Tando”. Ini mirip dengan tunangan. Kedua keluarga calon dipertemukan, kemudian tukar cincin. Pada acara Timang Tando inilah tanggal pernikahan dirundingkan. Rentang waktu antara Timang Tando dan pernikahan tidak boleh terlalu jauh. Maksimal 3 bulan setalah timang tando.

Acara “Timang Tando” itu sendiri tujuannya adalah untuk memberitahu pada semua orang kalo yang perempuan udah punya calon suami. Jadi, gak boleh lagi ada orang yang ngelamar.

Dan kalo sampe setelah Timang Tando atau bertukar cincin, tapi kemudian putus ditengah jalan sebelum hari pernikahan, hal ini akan jadi aib besar bagi keluarga 2 belah pihak.

Putus setelah Timang Tando sangat jarang terjadi. Karena orang minang sangat menjunjung tinggi kehormatan keluarga.

...

Balik ke cerita saudara-saudara sepupu saya yang udah nikah lewat perjodohan.

Kakak sepupu saya yang pertama, namanya kak Siska. Tinggal di Bandung. Menikah sekitar 5 tahun yang lalu (kalo gak salah). Suaminya orang minang. Seorang notaris. Setelah menikah, kakak saya diboyong ke Jember karena suaminya memang kerja di Jember.

Kakak sepupu saya yang kedua, kak Eza, tinggalnya di Dumai Riau. Menikah sekitar 4 tahun yang lalu. Suaminya juga orang minang dan seorang pedagang. Punya toko tekstile di daerah Riau sana.

Kakak sepupu saya, kak Prima (adik dari kak Siska). Nikahnya baru tanggal 23 desember kemaren. Iya, pengantin baru. Suaminya juga orang minang, kerjanya juga buka toko baju-baju gitu di Bandung.

3 orang kakak saya diatas melewati sistem perjodohan yang sama. Para orang tua menjadi perantara untuk memperkenalkan anak mereka satu sama lain. Jadi, gak heran kalo tiap ada acara apapun (pernikahan, arisan keluarga besar, halal bihalal), anak-anaknya selalu dibawa. Tujuannya adalah supaya si anak ‘dilihat’ orang. Sapa tau ada yang mau ngelamar, gitu.

Saya sendiri sering males kalo diajak-ajak acara kayak gitu. Suka garing sendiri karena gak ada temennya. Kalo udah terpaksa ikut, saya biasanya cuma ngikutin mama. Salaman sama ibu ini, ibu itu, kasih senyum semanis mungkin, siapa tau ada salah satu ibu yang kelak jadi mama mertua. Muahahahahhah :3

Waktu nikahannya kak Prima di bandung kemaren, saya sebenernya disuruh nyusul. Katanya semua keluarga lagi ngumpul, dan semua bawa anak-anaknya. Tapi sayangnya waktu itu saya kehabisan tiket kereta. Jadinya acara nyusul ke Bandung itu batal.

Setelah mama papa pulang dari Bandung, saya nanya ke mama, kenapa tiba-tiba saya disuruh nyusul. Mama saya bilang, “soalnya banyak yang nyariin..”. Terus saya melihat mama mencari sesuatu dalam handbagnya.

Me : Cari apa, ma?
Mom : Bunga melati. Kemaren mama sempet ngambil dari sanggulnya kak Eka.
Me : Buat apa bunganya? *mulai curiga*
Mom : Nanti adek taruh di dompet, biar cepet dapet jodoh
Me : Mama, adek masih mau lulusin kuliah *wajah datar*
Mom : *ketawa*

Miapaaah si mama pengen cepet punya mantu gitu maksudnya?? Apa mama lupa kalo anak gadisnya ini baru 21 tahun? >.< Well, mungkin mama emang lupa. Karena mama sendiri dulu nikahnya umur 22.

FYI aja, kakak-kakak sepupu saya nikahnya diumur 23-25an gitu. Sedangkan abang-abang sepupu saya nikahnya di umur 27-28.
...

Sistem pencarian jodoh yang seperti ini yang membuat saya jadi takut untuk dekat dengan teman laki-laki. Karena saya gak bisa berkomitmen. Saya gak bisa untuk bawa dia maen ke rumah. Apalagi ngenalin ke orang tua.

Abang saya juga seperti itu. Saya tau dia punya pacar. Pacarannya udah lama juga, sekitar 2 tahunan. Tapi dia gak bakal berani bawa pacarnya ke rumah. Saya tau dia punya pacar juga karena dengar dari teman-teman saya. Mama juga tau kalo abang punya pacar. Dan mama saya gak suka sama pacarnya si abang itu. Tapi ketidaksukaan ini gak pernah dibahas secara gamblang. Karena topik pembicaraan tentang “setuju apa nggak pacaran sama si ini atau si itu” gak pernah ada di keluarga kami.

Lucunya lagi, dulu abang saya juga pernah pacaran kurang lebih 3 tahun. Terus saya dapat kabar kalo si abang putus gara-gara si cewek mulai mendesak untuk nikah. Padahal abang saya saat itu baru berusia 23 tahun.

Kalo dalam keluarga saya, cuma ada satu cara supaya seorang laki-laki bisa ke rumah perempuan : melamar. Dan untuk yang laki-laki, cuma ada satu cara supaya bisa bawa perempuan ke rumah : menikahi.

...

Dulu saya pernah nanya ke mama : Ma, emang kalo nanti nikah harus sama orang minang juga?
And my mom said : Gak harus sama orang minang sebenernya. Tapiiiii... ada lebih banyak keuntungan kalo nikahnya sesama minang.
Me : Apa untungnya?
Mom : Supaya gak ilang di rantau..

Supaya gak ilang di rantau, alasan yang menurut saya sangat rasional.

Saya lahir di Jakarta, beberapa tahun di Riau, dan belasan tahun di Jawa Timur. Saya besar di perantauan. Itu sebabnya saya gak bisa bicara pake bahasa minang. Abang saya juga gak bisa. Tapi kita ngerti kalo ada orang ngomong pake bahasa minang karena sehari-harinya mama papa ngomong pake bahasa minang.

Saya jarang banget pulang kampung ke Padang. Terakhir pulang kampung sekeluarga itu tahun 2010. Dengan orang tua yang asli minang aja, saya dan abang udah jarang pulang kampung. Apalagi kalau nanti misalnya suami saya bukan orang minang. Saya benar-benar akan hilang di rantau..

Suatu hari, saya pernah iseng bertanya pada salah satu pegawai papa.
Me : coba abang ramal, kira-kira nanti adek nikahnya sama orang padang juga apa enggak?
Abg : Ehm.. bisa iya, bisa nggak. Tapi kayaknya iya sih, adek nanti suaminya orang padang juga
Me : Tapi tadi katanya juga “bisa nggak”. Kenapa?
Abg : Soalnya adek kuliah. Siapa tau ketemu jodohnya di bangku kuliah..
Me : ............

...

Saya sudah bilang diawal, kalo keluarga saya masih konvensional. Masih darah murni minang. Maksudnya adalah, pernikahan yang terjadi sebagian besar masih antara minang dan minang. Jadi budayanya masih amat sangat kental.

Tapi tentunya gak semua orang minang seperti ini. Gak kenal istilah pacaran, sistem pencarian jodoh sesama orang minang, dan hal hal lain yang sempat saya singgung diatas. Saya juga punya beberapa teman yang juga orang minang dan keluarganya lebih menganut sistem terbuka, lebih fleksible, dan lebih open pada hal-hal yang dissimilar.

Kalo kata dosen Komunikasi Antar Budaya saya, katanya budaya memang bisa bergeser seiring dengan berjalannya waktu.

...

Terlepas dari segala macam budaya yang dianut oleh keluarga saya, saya tetep yakin kalo jodoh gak kenal asal usul. Walaupun saya keturunan minang, siapa tau nanti jodoh saya diimpor dari Belanda. Ahahahahahah

Sebetulnya tulisan ini untuk mancing ide-ide yang bisa saya gunakan sebagai bahan tugas UAS mata kuliah Komunikasi Antar Budaya mengenai value-value budaya dalam keluarga yang saya pahami. Tugasnya dikumpulin hari rabu dan sampai malam ini saya belum menulis satu kalimat pun. Zzzz

Oke sekian dulu postingan kali ini. Thanks for reading. Berhubung sekarang udah jam 00.21, saya mau ngucapin selamat tahun baru 2013, selamat menempuh UAS, semoga kita semua segera terbebas dari tugas-tugas yang bisa bikin rambut rontok ini. Good luck everybody! Caooo~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leave your comment here :D