27 Des 2012

Review : 5 cm dan Habibie & Ainun

Ehem, kali ini saya mau nge-review sedikit tentang film yang sekarang lagi booming-boomingnya ditonton. Kedua film ini adalah adaptasi dari novel best seller. 5 cm dan Habibie dan Ainun (Tetot, mengulang kata 'dan')


Di mulai dari film 5 cm.

Sejak pertama kali liat trailernya, sebenarnya saya udah illfeel. Pertama karena kostum yang dipakai oleh Genta dkk waktu mau naik Semeru. Kostumnya lebih mirip mau ke mall daripada mau naik gunung. Kenapa harus pake jeans sih? Kerennya jadi ilang kalo naek gunung pake celana jeans >.<

Kedua, trailernya juga puanjaaang banget, sekitar 4 menitan. Ini trailer film terpanjang yang pernah saya tau. Saya malah lebih suka movie teaser-nya yang cuma 34 detik itu. Lebih terlihat elegan dan bikin penasaran aja menurut saya.

Di film ini terlalu banyak dialog panjang yang lebaynya minta ampun. Yang paling bikin saya geregetan itu waktu Genta nembak Riani di Ranukumbolo. Kalimatnya gombalisasi banget, terlalu bertele-tele, dan sangat berlebihan. Padahal lokasinya udah sangat mendukung. Di ranukumbolo, di dekat tanjakan cinta. Seandainya pada bagian itu dialognya bisa meninggalkan kesan lebih dalam untuk penonton, pastinya itu bakal jadi adegan yang paling disukai.

Terus juga waktu accident yang mereka alami waktu mau muncak. Iya, itu juga lebay banget. Mulai dari cara mereka ‘ngesot’ di lautan pasir sampe waktu kena runtuhan batu. Apalagi waktu Ian kena batu besar, kemudian mental, terjatuh dan berdarah. Saya sih ngeliatnya waktu adegan itu, Ian lebih mirip ketimpuk bola basket daripada kena runtuhan batu.

Pada bagian ini harusnya sedih kan ya. Soalnya Ian dikira mati. Tapi saya sama teman-teman yang nonton malah ketawa. Karena adegan jatuhnya emang lucu.

Adegan pas di puncak juga gak begitu saya suka. Bukan, bukan karena September lalu saya gak berhasil nyampe puncak trus akhirnya saya jadi benci puncak mahameru (eaaa curcol). Menurut saya, gak jelas aja mereka ngapain di puncak. Value nasionalisme yang ada di buku, gak saya dapatkan di film ini. Harusnya pas udah nyampe puncak, pas adegan di puncak itu bisa bikin penonton merinding. Secara itu tanah tertinggi di Jawa.

Kalo dari segi acting pemainnya, yang paling saya suka adalah Igor Saykoji sebagai Ian. Tiap Ian muncul pasti lucu. Actingnya yang kelihatan paling natural kalo dibandingkan ama pemain yang lain.

Menurut saya, film ini sangat terbantu oleh soundtracknya. Soundtracknya yang lagu Nidji itu bener-bener keren. Two thumbs up pokoknya buat soundtracknya :D

Sisi positif yang bisa saya lihat dari kemunculan film ini. 5 cm adalah : 5 cm bisa mengubah mindset orang-orang yang belum pernah naek gunung.

Paling gak, mereka gak akan lagi punya pertanyaan, “Ngapain sih naik gunung?”. Pertanyaan yang lumayan sering saya dengar. Pertanyaan yang seolah-olah menyiratkan pendapat bahwa naik gunung itu gak ada gunanya, naik gunung itu cuma buang-buang waktu, naik gunung itu cuma bikin capek dan bikin gosong.

Mereka mungkin cuma belum tau dan merasakan bahwa ada banyak hal menyenangkan yang hanya bisa kita temukan di gunung. Ada banyak hal yang bisa bikin ketagihan buat terus naik gunung. Ada banyak hal yang dirindukan kalo udah lama gak naek gunung.

5 cm menurut saya juga berhasil mengekspos keindahan alam Indonesia yang sangat megah.

Saya salut ama semua pihak yang terlibat dalam pembuatan film ini. Gimana pun juga, bikin film di gunung itu pastinya gak gampang. Dan sampai detik ini saya gak bisa membayangkan gimana caranya mereka take adegan (berulang-ulang) di cemoro tunggal, dengan cuaca panas, dan daerah berpasir dengan kemiringan yang gak tanggung-tanggung kayak itu.

That’s all yang bisa saya komentari tentang film 5 cm. Lanjut ke film kedua, Habibie & Ainun.

Saya belum pernah baca bukunya Habibie & Ainun. Ini mungkin akan jadi nilai lebih buat filmnya, karena tentu saja saya gak bisa bandingin dengan cerita yang ada di buku.

Saya juga baru tau kalo yang maen di film ini adalah Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari waktu saya udah di bioskop. Iya, saya emang cupu banget. Saya bisa nonton film ini juga karena diajak teman saya. Kalo gak ada yang ngajak, mungkin saya gak akan pernah nonton.

Yang saya kagumi dari film ini adalah acting dari Reza Rahardian. Dia sukses meniru gaya Pak Habibie. Mulai dari cara berbicara, cara berjalan, bahasa tubuh, aksen ketika berbicara dalam bahasa jerman, cara tertawa, semuanya mirip banget ama pak Habibie.

Setelah sukses tampil memukau dalam film Perahu Kertas dengan berperan sebagai eksekutif muda bernama Remi, di Hainun Habibie lagi-lagi dia membuat gebrakan baru dengan mendalami karakter pak Habibie dengan sedemikian rupa. Menurut saya, Reza Rahardian pantas dinobatkan sebagai aktor film terbaik tahun ini ;)

Bagian lain yang bikin saya kagum adalah waktu pak Habibie masih jadi mahasiswa di Jerman. Waktu pak Habibie presentasi tentang mesin-mesin apalah itu yang saya gak ngerti. Tentang proyek kereta api yang dia pimpin. Saya kagum sama kejeniusan beliau.

Tapi yang bikin geregetan itu waktu rekan-rekannya meragukan kemampuan Pak Habibie. Ada beberapa dialog yang menurut saya kesannya meremehkan orang Indonesia

“Kereta api di negaranya aja impor dari sini.. gimana bisa dia pimpin proyek ini”

Sedih ya kalo diremehkan kayak gitu. Indonesia memang masih jauh tertinggal kalo dibandingin ama Jerman. Track record negara kita diberbagai bidang memang masih belum ada apa-apanya dibandingkan mereka. Tapi pak Habibie gak gentar. Beliau tetap optimis ama kemampuannya. Beliau yakin bahwa perhitungannya tidak akan meleset. Kegigihan seperti ini yang harusnya bisa jadi contoh buat kita semua.

Saya emang gak begitu tau tentang pak Habibie. Saya cuma tau kalo beliau mantan presdien RI dan yang menemukan rumus bagaimana membuat pesawat terbang, terutama bagian sayap yang mudah sekali patah. Dan setelah nonton film ini saya jadi tau latar belakang kenapa beliau membuat pesawat terbang. Ternyata itu adalah salah satu janji beliau pada bu Ainun.

“Saya akan membuat pesawat terbang yang paling aman, buat kamu”, kurang lebih itulah percakapan antara pak Habibie dan Bu Ainun di pesawat saat mereka pergi ke Jerman setelah menikah.

Saya pikir ini so sweet banget. Kalo Roro Jonggrang dibikinin seribu candi, Bu Ainun dibikinin pesawat terbang. Hadiah spesial untuk seseorang yang juga spesial :’)

FYI juga, waktu nonton film ini, satu bioskop pada nangis. Di bangku sebelah kiri, kanan, depan, belakang, semuanya sesegukan. Aku sendiri gak nangis sih. Cuma beberapa kali berkaca-kaca gara-gara terharu.

Gimana gak terharu ama kisah cinta Pak Habibie dan Bu Ainun. Kisah cinta sejati yang nyata. Gimana perhatian, kesabaran, dorongan semangat dan support luar biasa yang diberikan bu Ainun agar pak Habibie kuat menghadapi masa-masa sulitnya. Baik waktu masih di Jerman hingga pak Habibie jadi presiden menggantikan bapak Soeharto.

Sebaliknya, gimana gak terharu ngeliat pak Habibie yang segitu sayangnya ama istrinya. Terlebih waktu bu Ainun mulai sakit-sakitan, hingga akhirnya bu Ainun meninggal karena kanker ovarium yang sudah lama beliau derita.

Moment yang bener-bener bikin terharu menurut saya adalah waktu di bagian paling akhir, ketika pak Habibie (yang sebenarnya) nyekar ke makam almarhumah bu Ainun, kemudian beliau mencium nisan makam istrinya tersebut. Ini bener-bener bikin mbrebes mili :’)

Sama seperti film 5 cm, soundtrack Habibie dan Ainun juga patut diacungi jempol. Judul lagunya Cinta Sejati, ciptaan Melly Goeslow, dan dinyanyikan oleh Bunga Citra Lestari. Liriknya dalem (sumur kaliii). Emang deh ya Melly ratunya bikin soundtrack.

Cuma ada satu hal yang menurut saya sedikit ngeganggu di film ini. Yaitu kemunculan beberapa merk makanan dan kosmetik yang jadi sponsor. Salah satu tokoh tiba-tiba datang, bawa makanan bermerk, dan kemudian kamera nge-shoot ke arah merknya.

Marketing jaman sekarang emang punya ribuan cara untuk menyelipkan iklan. Bahkan di film layar lebar pun, yang dulunya bebas iklan, sekarang udah nggak lagi. Okelah, jaman emang udah makin maju ;)
...

Walaupun secara pribadi saya lebih suka Habibie dan Ainun daripada 5 cm, karena saya lebih dapet value-nya dari Habibie dan Ainun, tapi kedua film ini menurut saya bisa jadi awal kebangkitan industri perfilman di Indonesia. Udah saatnya memusnahkan film-film horor semi esek-esek yang gak masuk akal itu. Udah saatnya Indonesia punya film yang cerdas, bermutu, penuh dengan unsur budaya milik bangsa sendiri, dan mendidik tentunya.

Selamat berkarya anak-anak bangsa! Merdeka!

1 komentar:

  1. Halo salam kenal, main ke blog saya juga ya. pernah bahas yg sama, hehe

    http://mufiyda.blogspot.com/2013/02/bangga-jadi-penonton-film-indonesia.html

    trims :D

    BalasHapus

Leave your comment here :D