14 Jun 2011

Gak Lulus Ospek, Kudu Bayar T_T

BENAR2 MENYEBALKAN !!! MySpace

Semua berawal dari pengumuman di deket lift.

Sebenernya aku belum baca pegumuman itu secara langsung, pake mata kepala sendiri. Aku cuma denger dari temen-temen yang udah baca.

Pokoknya intinya pengumuman tu kayak gini : 
Bagi Mahasiswa angkatan 2010 yang tidak lulus ospek, ada 3 pilihan :
1. Mengundurkan diri <--- Aku gak paham maksudnya ni gimana MySpace
2. Mengulang OSPEK + bayar 150 RIBU
3. Mengikuti Training (Pelatihan) selama 3 hari + bayar 250 RIBU 

KEREN SEKALI PERATURANNYA !!! *tepuk tangan*
sekali lagi maennya UANG, UANG, DAN UANG !!!

 Bener-bener gak habis pikir. Selain itu, aku juga merasakan ketidakadilan MySpace

Jadi sistem OSPEK dikampusku itu ada 3 bagian.
Pertama, Ospek Universitas 1 hari dan Ospek Fakultas 3 hari.

Kedua, ada kegiatan yang namanya STUDENT DAY + MENTORING yang diadakan selama 1 semester. Acaranya setiap hari minggu. Student day ini semacam dikasih materi2 gak jelas. Kalo mentoring itu semacam siraman rohani (ngaji, ceramah, diskusi agama, de el el)

Ketiga, PENGABDIAN MASYARAKAT (PengMas). Ini semacam melakukan kegiatan sosial. langsung terjun ke masyarakat. Kalo kelompokku dulu tu ngadain sosialisasi ke sebuah SD tentang bagaimana cara mendaur ulang sampah hingga menjadi pupuk kompos.

Nah dari 3 bagian ospek tersebut, aku GAK LULUS di nomer 2, yakni Student Day dan Mentoring. Karena aku emang gak pernah ikut, cuma pernah masuk sekali waktu pembukaan.

Logikanya aku udah lulus di dua bagian. Jadinya kan  2 : 1. Harusnya dikasih LULUS ! Kan lebih banyak lulusnya MySpace

Sebenernya gak masalahin lulus ato gak-nya. yang jadi masalah tu karena maennya uang. apa gak ada HUKUMAN YANG LEBIH MENDIDIK? seolah-olah mengajarkan pada kami (mahasiswa), semua urusan bisa lancar hanya dengan UANG !

Padahal dengan tidak lulus ospek, udah banyak sanksi yang kami dapatkan. Diantaranya adalah gak bisa ngajukan beasiswa dan gak bisa jadi panitia ospek tahun ini.

FYI, yang gak lulus ospek tu BANYAK ! dari sekitar 1000 lebih Maba 2010, aku yakin kalo yang gak lulus lebih dari setengahnya. bahkan bisa jadi mencapai 75%.

Misalnya ya yang gak lulus 500 orang. 500 dikali 250 RIBU (kalo mereka semua memilih option ketiga). Jumlah dana segar yang terkumpul adalah 125.000.000 (SERATUS DUA PULUH LIMA JUTA). Itu kalo yang gak lulus 500 orang. Kalo lebih? bisa diitung sendiri MySpace

Gimana kalo ada yang milih option kedua Rau?

Kalo menurutku sih rugi milih yang kedua. soalnya TETEP BAYAR ! ditambah disuruh ngulang OSPEK ! ngulang ospek yang 3 hari itu, ngulang student day + mentoring, ngulang PengMas. What The...??? Udah capek2 ngulang ospek, masih disuru bayar, rugi dua kali tuMySpace

Seandainya option kedua itu ngulang ospek tanpa bayar, mungkin masih ada anak yang mau mempertimbangkan. Daripada disuruh bayar gak jelas 250 ribu, mending janjian ama temen-temen buat ngulang ospek bareng.

Huaaahhh entahlah. aku gak tau harus ngetik apalagi untuk melampiaskan kekesalan ini ! MySpace

Pertama kali masuk udah bayar mahal buat daftar ulang. SPP mahal. Sumbangan mahal. Gak lulus ospek pun harus menebus dengan harga mahal !

Oya, ada yang ketinggalan.
gak jarang juga, cuma untuk bikin tugas, kami (mahasiswa) juga harus ngeluarin biaya yang mahal !

Jadi inget apa kata temenku dulu. "kita disini buat kuliah, buat belajar, bukan buat BELI KAMPUS !" 

...

Kalo pendidikan di Indonesia tercinta ini begitu mahal, gimana bisa mencetak generasi-genarasi penerus bangsa yang handal hanya karena masalah sebagian dari mereka gak sanggup buat bayar? MySpace

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leave your comment here :D