10 Nov 2015

Bukalapak: Belanja Online Asik cuma Sekali Klik!

Dulunya aku tidak pernah sekalipun berbelanja secara online. Kenapa? Alasan yang sangat sederhana, karena aku tidak percaya pada online shop yang ada. Maraknya berita penipuan seputar kegiatan jual beli di dunia maya, juga cerita dari beberapa teman yang ditipu oleh pedagang online membuatku semakin anti berbelanja secara online. Aku lebih merelakan diri menjelajahi satu persatu toko atau pusat perbelanjaan untuk mendapatkan benda yang kucari.

Namun di pertengahan tahun 2014 aku harus mematahkan prinsipku tentang say no to belanja online ini. Hal ini terjadi ketika aku sedang mengerjakan skripsi dan membutuhkan sebuah buku yang tidak bisa kutemukan di toko-toko buku manapun. Akhirnya pilihan mencari buku tersebut via online tidak lagi bisa kuhindari. Kemudian ketika aku mengetikkan judul buku tersebut pada searching engine, muncul sebuah nama situs jual beli online yang pada saat itu masing sangat asing di telingaku. Yap, inilah kali pertama aku berkenalan dengan Bukalapak.

Dan… pengalaman pertama berbelanja online di Bukalapak yang sangat memuaskan akhirnya membuatku ketagihan.

Kalau dulu aku harus membuka website Bukalapak melalui laptop setiap kali ingin berbelanja, saat ini hal merepotkan seperti itu tidak perlu lagi kulakukan. Bukalapak sepertinya benar-benar ingin memanjakan customer-nya dengan menghadirkan aplikasi Bukalapak pada smartphone pelanggannya. Tentu saja aplikasi ini semakin memudahkan kita untuk mengakses website Bukalapak kapan saja dan di mana saja.

Aplikasi bisa di donlod di sini bagi pengguna Android dan di sini bagi pengguna IOS.

Beberapa hari yang lalu, bersamaan dengan tragedi rusaknya earphone kesayangan, aku pun membuka aplikasi Bukalapak untuk mencari calon pengganti earphone yang lama. Sebagai miss selektif setiap kali ingin berbelanja, tentunya aku mengeksplore banyak penjual earphone yang ditampilkan Bukalapak. Aku membuka satu-persatu akun pelapak yang menyediakan earphone yang kumau. Aku melihat foto-fotonya, dan tidak lupa membaca semua penjelasan yang dicantumkan oleh pelapak. Selain itu, aku pun membandingkan harga di pelapak yang satu dengan harga di pelapak lainnya. Ini adalah ritual wajib yang kulakukan setiap kali berbelanja online untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. But once again I have to say kalau Bukalapak lagi-lagi memudahkan customer-nya yang ingin berbelanja dengan menyediakan fitur feedback.

Pilah pilih pelapak yang trustworthy

Salah satu hal yang kusuka ketika berbelanja di BukaLapak adalah kita bisa melihat feedback yang diterima oleh pelapak dari pembelinya. Di Bukalapak, setiap online shop akan memiliki skala kredibilitas (dalam presentase) yang diukur berdasarkan banyaknya feedback positif yang diberi oleh pembeli-pembeli sebelumnya. Jadi, kita tidak perlu bingung memilih mana online shop yang trustworthy dan mana yang tidak, karena kita hanya perlu melihat berapa persen feedback positif yang dimiliki oleh pelapak tersebut. Untuk orang-orang phobia penipuan sepertiku, fitur feedback seperti ini warbiyasa membantu!

Pilih satu pelapak yang bagus feedback-nya dan harganya juga pas di kantong hati

Nah, setelah memutuskan untuk belanja di pelapak yang mana, kita tinggal melakukan transfer ke rekening Bukalapak dan duduk manis di rumah menunggu barang datang.

Wait.

Transfernya ke akun Bukalapak?

El ha o ka o ka.

Lho kok?

Sekilas, Bukalapak mungkin akan tampak sama dengan situs jual beli online lainnya. Namun, kalau kita mencari tau lebih dalam lagi, ada banyak hal yang membuat Bukalapak berbeda. Salah satu yang membedakan adalah sistem payment-nya.

Saat kita berbelanja di Bukalapak, uang yang sudah kita transfer tidak akan diteruskan ke pelapak secara langsung. Di Bukalapak, uang akan ditahan sampai kita menerima barang yang kita beli. Uang tersebut baru akan diteruskan ke rekening si pelapak setelah kita melakukan konfirmasi bahwa barang sudah kita terima. Dalam hal ini Bukalapak memberi jaminan 100% uang kembali seandainya dalam jangka waktu tertentu kita belum menerima barang yang kita pesan. Jujur saja, ini adalah hal pertama yang membuatku percaya untuk berbelanja secara online di Bukalapak. Aku tidak perlu mengkhawatirkan masalah ‘barang tak kunjung datang dan uang melayang’ jika berbelanja di Bukalapak.

Mau bayar lewat bank yang mana? Bebas~

Tampilan page aplikasi Bukalapak yang sedang menunggu konfirmasi pembayaran

Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, aplikasi Bukalapak nantinya akan menunjukkan proses pengiriman barang secara transparan. Melalui aplikasi Bukalapak, kita bisa melihat semua histori pengiriman. Mulai dari kapan barang dibawa oleh si pelapak ke jasa pengiriman, kapan barang dikirim oleh jasa pengiriman, hingga pada kapan kita (sebagai pembeli) menerima barang tersebut. Kita tidak perlu lagi menduga-duga apakah barang sudah dikirim atau belum. Kita juga tidak perlu meneror pelapak untuk segera mengirimkan nomor resi, sebab di histori pengiriman pada aplikasi Bukalapak sudah tertera semua info mengenai barang yang kita beli.

Histori pengiriman yang lengkap dengan tanggal dan waktu

Bagiku kepercayaan dan pelayanan merupakan dua syarat penting yang harus dimiliki oleh situs jual beli online, dan Bukalapak memenuhi keduanya. Tidak hanya menjadi perantara antara penjual dan pembeli, tapi Bukalapak juga menjadi semacam filter yang membantu kita dalam memilih online shop mana saja yang terpercaya. Filter yang digunakan oleh Bukalapak pun lebih dari satu. Mulai dari sistem payment, pemberian feedback, hingga menunjukkan histori pengiriman pada pelanggan. Ini menunjukkan bahwa Bukalapak benar-benar mendedikasikan dirinya untuk melindungi konsumen dari oknum-okum nakal yang ingin meraup keuntungan lebih.

Hadirnya aplikasi Bukalapak di smartphone juga membuat kegiatan berbelanja semakin menghemat waktu dan energi. Mulai dari memilih barang dan pelapak, melakukan konfirmasi pembayaran, memantau proses pengiriman, hingga melakukan konfirmasi kalau barang sudah diterima. Kita tidak perlu lagi menghabiskan waktu seharian penuh (khususnya buat ciwik-ciwik nih) keluar masuk toko sampai betis sebesar konde cuma untuk mencari barang yang kita mau. Melalui aplikasi Bukalapak, kegiatan belanja dapat diringkas, dapat kita lakukan hanya dengan sekali klik!

Oh iya, di Bukalapak, kita juga tidak cuma bisa jadi pembeli lho. Punya barang yang pengen dijual? Gampang mah, tinggal posting aja di akun jual di Bukalapak, dan…. taraaaaa kita udah jadi pelapak. Untuk teman-teman yang sudah ataupun sedang berencana membangun kerajaan bisnis online, Bukalapak bisa menjadi partner yang keren untuk membantu kalian dalam membangun kepercayaan pelanggan.

Satu akun dengan peran ganda, satu aplikasi dengan sejuta fungsi, ya cuma ada di Bukalapak! Masih kurang apalagi coba?

Well, sekian review dariku kali ini. Review yang ditulis dari lubuk hati yang paling dalam dan dengan sejujur-jujurnya. Walaupun jujur itu memang susah, karena sebenarnya cuma belanja melalui aplikasi Bukalapak yang mudah (tsah).


Jadi… selamat berbelanja di Bukalapak ya gaes.

Temukan kenyamanan dan keamanan berbelanja online dalam genggaman hanya di Bukalapak! :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leave your comment here :D