5 Des 2013

Benci Jadi Cinta

Kita memang gak boleh terlalu benci, karena bisa jadi di kemudian hari kita bakalan suka. Karena kita gak akan pernah tau seperti apa dan bagaimana kita di masa depan.

*haseeeeekk*

Yak, kalimat sok bijak saya di atas terinspirasi dari sesuatu (bukan seseorang!) yang dulunya gak saya suka, tapi sekarang saya malah tergila-gila. Sesuatu itu tidak lain dan tidak bukan adalah….serial drama Korea.

Dulu waktu masih SMA, saya punya seorang teman yang Korean holic, bernama Dedek (semoga Dedek gak baca). Jadi Dedek ini sukaaaaaa banget sama semua hal berbau Korea. Mulai dari serial drama, boy band, penyanyi, lagu, semua artis beserta manajemennya, kayaknya Dedek hafal. Tiap kali Dedek dan teman-teman yang lain bergosip tentang artis-artis Korea itu, saya hanya melipir, malas mendengarkan, karena saya gak ngerti sama sekali.

Dulu saya gak suka Korea dan apapun yang berhubungan dengannya. Artis-artisnya yang bermata sipit, kulitnya terlalu putih, dan dielu-elukan ‘ganteng’ oleh teman-teman perempuan, tidak membuat saya tertarik sedikit pun. Saya gak suka cowok berkulit putih soalnya, kurang macho gitu. Pffffft.

Belum lagi nama-namanya yang sulit dihafal. Saya sudah cukup pusing menghafal sistem saraf tubuh manusia untuk pelajaran Biologi, jadi saya gak mau tambah pusing dengan menghafalkan nama artis-artis Korea itu.

Ditambah lagi saya gak suka sama lagu-lagunya. Karena walaupun musiknya bagus, tapi saya gak bisa ikut nyanyi (padahal udah sambil baca lirik). Apalah artinya suka sama sebuah lagu tapi gak bisa ikut nyanyi? Pffffffft (lagi).

Itulah yang saya pikirkan dan rasakan *halah* dulu, waktu masih gak suka (mengarah ke benci) sama semua hal yang berbau Korea.

Namun beberapa tahun kemudian sejak negara api menyerang…….tiba-tiba semuanya berubah.

Seorang teman maen ke kos, menawarkan sebuah drama korea berjudul ‘Playfull Kiss’. Dia bilang drama itu bagus. Saya langsung copy drama tersebut ke laptop tanpa berniat menontonnya. Lalu pada suatu hari, waktu saya lagi nganggur banget, iseng-iseng saya bongkar folder film di laptop, dan menemukan folder berjudul ‘Playfull Kiss’, serial drama korea yang saya copy sejak jaman baheula. Dan iseng-iseng (lagi), saya nonton episode 1.

Yak, semuanya berawal dari iseng-iseng. Tanpa perencanaan, tanpa kesengajaan. Dari episode ke episode, saya makin semangat mengikut jalan ceritanya. Sampai tiba-tiba udah episode 16, episode terakhir. Baek Seung Jo (Pemeran utama di Playfull Kiss) membuat saya jatuh cinta pada serial drama Korea untuk pertama kalinya :3

Setelah selesai nonton Playfull Kiss, saya jadi ketagihan. Saya mulai berburu serial drama korea yang kata temen-temen bagus. Serial yang saya tonton selanjutnya adalah 49 Days dan My Girlfriend is Gumiho. Inilah 3 drama korea pertama yang saya tonton.

Selanjutnya ada Love Rain, Big, City Hunter, King 2 Hearts, Gentleman Dignity, Nice Guy, The 3rd Hospital, Gu Family Book, I Miss You, Cheongdamdong Alice, Dream High 2, Heartstrings, Rooftop Prince, That Winter The Wind Blows, semuanya udah pernah saya tonton. Oke, jumlahnya masih bisa dihitung dengan jari, jadi saya masih dalam kategori newbie a.k.a cupu.

Lalu pertanyaan selanjutnya, kenapa saya bisa jadi suka ya? Ada beberapa alasan yang akan saya jabarkan dalam poin-poin di bawah ini.

1.    Karena pemainnya ganteng!

Well, menurut saya Joong Ki dkk itu ganteng karena karakter yang mereka mainkan, bukan karena matanya sipit atau kulitnya putih. Walaupun kalau dilihat-lihat lagi, mereka emang ganteng sih. Terlepas hasil operasi plastik atau gak, who cares? Gak ikut bayarin ini :p

Tapi kalau saya pribadi memang lebih suka karakter-karakternya. Karakter tokoh pria dalam serial drama korea itu sebagian besar jutek tapi sweet. Cuek bebek tapi bisa sangat care di moment-moment tertentu. Saya suka gemes (sekaligus melting) melihat pria tipe seperti ini, baik di serial drama apalagi di dunia nyata. Uwuwu :3

Kang Ma Ru yang diperankan oleh Joong Ki di serial drama berjudul Nice Guy. Ganteng yak? xD

2.    Karena ceritanya bagus!

Walaupun sebenarnya tema ceritanya klise, gak jauh beda sama sinetron Indonesia. Tentang cinta terpendam, balas dendam, rebutan harta atau kekuasaan, persahabatan, impian, dan sejenisnya.

Tau apa yang membedakan serial drama korea sama sinetron indo?

Kalau di indo, kesialan dan kesedihan yang dialami tokohnya akan berlangsung terus-menerus. Konfliknya gak selesai-selesai sampe penonton bosen dan ratingnya turun. Orang-orang kita terlalu malas mencari ide segar untuk menghasilkan karya baru. Orang-orang kita lebih suka memberdayakan yang sudah ada sampai nilai jualnya benar-benar habis. Ibarat mencabut pohon sampai ke akar-akarnya tanpa sisa. Hmppph.

Berbeda dengan serial drama korea yang menurut saya porsi suka duka yang dialami si tokoh di tiap episode itu imbang. Ada bagian yang bisa bikin kita senyum-senyum sendiri, ketawa ngakak, atau mberebes mili. Perbandingannya sama. Ibarat masak sayur, garamnya pas.

Dan yang paling menyenangkan itu karena drama Korea punya ending. Ceritanya pasti selesai. Kalau Cinta Fitri atau Putri yang Tertukar endingnya benar-benar rahasia Ilahi. Nobody knows. Hmppph (lagi).

3.    Karena soundtrack-nya juga bagus!

Mungkin karena saya memang pada dasarnya suka lagu-lagu soundtrack ya, gak cuma untuk serial drama korea. Sekarang saya udah bisa terima kalau gak bisa ikut nyanyi, tapi cuma bisa menikmati. Menurut saya lagu-lagu korea itu unik, aura bahagia atau sedihnya lagu bisa dengan sangat mudah dikenali.

That’s all, sejarah gimana saya bisa suka sama drama korea seperti sekarang.

Sekali lagi saya cuma mau mengingatkan, jangan membenci sesuatu secara berlebihan karena selera itu bisa berubah seiring dengan berjalannya waktu. Kalau hari ini kita benci, bisa jadi besok kita suka, begitu pun sebaliknya.

Sssst… ini bukan curcol! xD

2 komentar:

  1. km harus nonton drama yg judulnya Can You Hear My Heart?
    http://www.youtube.com/watch?v=tF3Jdx86LhE&list=TLX5-YBKqv69aIUO4mRyUp4SOe4yPus-OJ

    BalasHapus
  2. download-in napa yuk. aku jamuran kalo download sendiri :'(

    BalasHapus

Leave your comment here :D