23 Jun 2013

Dua Dua Pada Dua Tiga

mawar tisu buatan yayuk ^^
Dua puluh tiga juni  yang ke dua puluh dua dalam hidup saya.

Sudah sejak lama saya memikirkan bahwa seharusnya tanggal kelahiran itu tidak hanya dirayakan oleh mereka yang dilahirkan pada tanggal tersebut, tapi juga dirayakan oleh beliau yang melahirkan pada tanggal tersebut.

Jadi, hal pertama yang ingin saya tuliskan disini adalah:

Terima kasih banyak untuk mama saya tercinta atas perjuangannya dua puluh dua tahun yang lalu.

Kelahiran bayi tidak hanya menjadi moment yang ditunggu – tunggu oleh seorang ibu. Ayah, kakak, adik, kakek, nenek, seluruh keluarga besar pastilah menunggu hadirnya satu anggota baru dalam keluarga.

Begitu juga dengan kelahiran saya, ditunggu dengan perasaan cemas bercampur khawatir karena setelah 9 bulan 10 hari mama tidak menampakkan gejala akan melahirkan, karena ternyata saya berada di dalam kandungan mama sekitar 10 bulan. Hehehe

Tanggal 23 Juni dua puluh dua tahun yang lalu, mama berjuang melawan rasa sakitnya sendirian di rumah sakit. Waktu itu Ayah saya ribet bolak – balik dari rumah sakit ke rumah, dan kebetulan abang yang umurnya masih 3 tahun lagi demam dan terus – terusan nangis, jadi gak bisa nemenin mama di rumah sakit.

Waktu itu mama udah masuk rumah sakit dari subuh, dan saya baru lahir jam 23.45. Saya benar-benar gak bisa membayangkan, saya membuat mama sakit selama hampir 24 jam. Saya cuma bisa mengucapkan: terima kasih untuk perjuangannya membuat saya berada di dunia ini, mom.

Cerita tentang kelahiran dan masa kecil saya adalah cerita yang selalu mama ceritakan setiap kali saya mau tidur, dari dulu sampai sekarang. Itulah topik pembicaraan antara saya dan mama yang tidak pernah habis dari waktu ke waktu.

Seorang ibu mengingat semua kebiasaan, kenakalan, dan cerita tentang kita di masa kecil dengan detail. Di sisi lain kita sebagai anak cuma bisa mengingat sebagian kecil dari banyak hal yang kita lakukan ketika masih balita. Jadi sangat tidak mengherankan jika ibu dinobatkan sebagai sosok yang paling dicintai dan diidolakan di dunia ini.

Terima kasih atas seluruh waktu, pengorbanan, kasih sayang, dan cinta selama dua puluh dua tahun menemani saya.
Thank you so much, mom, and I love you!

***

Yang kedua, yang ingin saya ucapkan adalah : Happy Birthday to me!

Hari ulang tahun bagi saya adalah hari dimana waktunya saya untuk evaluasi diri. Tentang apa saja yang sudah saya lakukan dalam rentang waktu satu tahun terakhir, tentang apa saja pencapaian saya ketika usia menginjak angka dua puluh dua, dan tentang apa saja impian saya yang belum tercapai sampai saat ini.

Hari ulang tahun bagi saya adalah hari yang pernah menjadi hari paling menyedihkan, tepatnya pada 23 Juni 2006 dan 23 Juni 2009 karena hari itu adalah hari perpisahan saya dengan teman – teman SMP dan SMA (for god’s sake, saya gak tau kenapa acara perpisahan sekolah selalu jatuh bertepatan dengan hari ulang tahun saya).

Hari ulang tahun bagi saya adalah hari dimana saya mengingat bahwa pernah ada tukang becak yang mengantar hadiah ke rumah. Di kartu tidak ada ucapan selamat ulang tahun, untaian doa, bahkan nama pengirim. Hanya ada kalimat yang bertuliskan:

“Simpanlah jika hati berkenan. Namun, apapun lakukanlah jika hati tak berkenan. Sungguh, jika kamu percaya, aku selalu ada, walau nampak tak ada bagimu.”

Hari ulang tahun bagi saya adalah hari dimana doa mengalir sepanjang hari dari keluarga, kerabat, dan teman – teman terdekat. 

Definisi bahagia menurut saya adalah ketika kita masih diingat oleh orang lain. Ucapan ‘selamat ulang tahun’ itu mungkin sangat sederhana, tapi bagi saya semua itu sungguh sangat bermakna.

Semoga di tahun selanjutnya saya bisa jadi lebih baik. lebih sabar. lebih kuat. lebih dewasa. bisa membanggakan kedua orang tua. dan semua impian menjadi nyata. amin ya robbal 'alamin.

Dan yang terakhir, terima kasih kepada 4 orang yang sedang menemani saya malam ini, Ayu - Reno - Mas Dyan - Hafid, terima kasih karena menghabiskan tanggal 23 juni di tahun ini bersama - sama denga penuh tawa dan bahagia tentunya.

 Buat Ayu : Terima kasih mawar dari tisunya \(^^)/

2 komentar:

  1. so sweet raraaaaa. mawar tissu ku masuk blog mu. aku jadi terharu bacanya...hiksss :*

    BalasHapus
  2. Hahahaha. kamu kok baru baca sekarang sih yayuuuuuk??!

    BalasHapus

Leave your comment here :D