4 Jul 2012

Merbabu Punya Cerita

Okeeeh ceman-ceman, kali ini saya ingin berbagi sedikit cerita. Sesuai dengan judul yang saya angkat : Merbabu Punya Cerita.

Jadi, tanggal 30 Juni kemarin saya dan teman-teman KOMPAS berkunjung ke gunung Merbabu yang berada di daerah Jawa Tengah tepatnya di Solo. Jumlah peserta pendakian adalah 34 orang. Yap, angka 34 memang termasuk jumlah yang banyak untuk ukuran kegiatan 'pendakian' dimana kata teman saya normalnya itu cuma 10 sampai 15 orang.

Rombongan bergerak dari terminal Arjosari Malang sekitar jam 4 sore menuju Surabaya. Singkat cerita, saya sampai terminal Tirtonadi Solo sekitar jam 4 subuh. Perjalanan yang sangaaaat melelahkan sekaligus menyenangkan. Kapan lagi saya bisa ngemper berjam-jam di Bungur Asih sambil makan es krim? MySpace

Dari terminal Tirtonadi Solo, saya dan teman-teman melanjutkan perjalanan menuju Selo (2 jam-an dari Solo). Pemandangan menuju Selo ini luar biasa. Apalagi waktu itu masih pagi. Udara dingin menemani saya yang sedang berdiri di truk menikmati pemandangan yang disuguhkan oleh gunung Merapi.

Dari Selo, saya dan teman-teman langsung ke Base Camp Merbabu menggunakan pick-up carteran. Pendakian pun di mulai pada pukul 10 pagi.

Pendakian Merbabu ini cukup bikin saya deg-deg-an. Pertama, karena ini pendakian pertama ke luar Jatim. Kedua, karena saya trauma sama pendakian Arjuno yg gagal muncak. Ketiga, karena bawa air 4 botol. Yeah, Merbabu gak ada mata air, jadinya tiap anak diwajibkan membawa 4 botol air ukuran 1,5 liter.
Sebelumnya saya sempat gugling tentang track Merbabu jalur Selo. Yang saya baca, katanya jalur ini lebih landai dibandingkan jalur Tekelan. Tapi setelah di lokasi, saya bisa menyimpulkan bahwa selandai-landainya gunung, tetep aja nanjak. Kalo sampe naek gunung ketemu jalan yang gak nanjak berarti ada 2 kemungkinan. Pertama, itu bonus. Kedua, kamu nyasar. Dan tanjakan2 di Merbabu sangat WOW sodara-sodara..

Ada yang namanya Tikungan Macan, tikungan menanjak yang sangat curam dan bikin emosi. Ada lagi tanjakan yang harus pake tali buat naik. Selain tanjakan, Merbabu adalah gunung PHP alias Pemberi Harapan Palsu. Di balik bukit masih ada bukit. Entah berapa bukit sudah terlewati, tapi nanti pasti ketemu bukit lagi MySpace. Tidak ada titik jelas dimana keberadaan Pos 5: Sabana II yang rencananya akan menjadi tempat nge-camp sebelum summit attack keesokan harinya. Saya sendiri sempat hopeless karena ga nyampe-nyampe..

Saat memasuki Pos 4: Sabana I, langit udah gelap. Angin pun berhembus kencang. Bukan, saya bukan mau cerita horor. Waktu itu emang udah mulai malem, headlamp terpasang dikepala, angin sabana berhembus dengan sangat kencang. Catat, SANGAT KENCANG. Saya pikir itu badai, tapi ternyata kata teman saya memang cuaca di sabana seperti itu. Jalan dari sabana I ke sabana II itu cukup menyiksa. Mau berhenti tapi dingin, mau jalan terus tapi capek. Serba salah jadinya..

Akhirnya, saya sampai di Sabana II sekitar jam 9 malam kalo gak salah. Teman-teman cowok yang udah sampe di Sabana duluan udah sibuk mendirikan tenda yang gak berdiri-berdiri karena anginnya kenceng banget. Singkat cerita, setelah tenda kelompok udah jadi, saya langsung masuk tenda dan gak keluar-keluar lagi sampe pagi. Anginnya bener-bener gak bersahabat. Kita gak sempet duduk2 diluar sambil api unggunan. Padahal api unggun adalah salah satu hal yang menyenangkan dari pendakian.

Pos V : Sabana II

Keesokan paginya, sekitar jam 10, kami melanjutkan perjalanan menuju puncak. "Jalan ke puncaknya ini nanjak bukit didepan itu, trus tinggal lurus, nyampe puncak deh", begitu cerita yang saya dengar dari teman-teman yg udah ngobrol sama Pak Yoso (Guide yang mengantar kami ke Merbabu). Jaraknya kurang lebih 1 km dari pos 5: Sabana II. Tapi kenyataannya apa? Lagi lagi harapan palsu.. Ga ada tu ya yg namanya nanjak trus lurus trus nyampe. Yang ada tu NANJAK, landai beberapa langkah, trus NANJAK LAGI, trus NANJAK LAGI SAMPE MENTOK PUNCAK.MySpace

Buat saya pribadi, perjalanan ke puncak begitu mengharukan. Azmi yang meng-cover saya dari belakang bolak balik nyemangatin. "Ayo Raudha... Ayo Raudha..". Sampe kalimat nyemangatin ama kalimat ngece digabung jadi satu seperti, "Ayo Rau, kamu wanita Bondowoso pertama yang menginjakkan kaki di Merbabu.. Ayo Putri Harapan Desa semangat..!!" MySpace

Belum lagi teman-teman yang udah nyampe puncak duluan teriak-teriak nyemangatin saya yang masih on the way.

Selangkah demi selangkah saya berjalan. Waktu itu saya berusaha meyakinkan diri bahwa saya pasti nyampe dipuncak. Slow but sure, itu prinsip yang saya pegang teguh selama perjalanan ke puncak. Sebenernya saya juga sempet trauma karena waktu ke Arjuno gagal muncak. Saya ga mau hal ini terjadi untuk kedua kalinya. Walaupun ada yang bilang kalo puncak itu cuma bonus, bukan parameter suksesnya sebuah pendakian. Tapi tetep aja saya pengen mendapatkan bonus itu. Saya pengen nyampe puncak. Titik gak pake koma.

jalan menuju puncak
Selama perjalanan ke puncak itu saya mikir tentang mimpi, harapan, dan cita-cita saya. Impian saya jauh lebih tinggi dari puncak yang sedang saya tuju. Kalo jalan ke puncak saja udah bikin saya megap-megap, jalan untuk mencapai impian saya pasti lebih sulit dari yang sedang saya jalani saat itu. Lebih capek, lebih megap-megap, lebih bikin emosi. Kalo ada yang bilang, "semakin terjal jalan yang kamu tempuh, semakin indah pemandangan yang kamu dapat setelah sampai puncak", peribahasa itu pasti berlaku juga untuk impian saya. Semakin tinggi impian saya, semakin besar pengorbanan dan usaha yang harus saya lakukan, dan saya harus siap untuk itu.

Saya semakin mendekati puncak. Kaki saya rasanya udah kaku. Tapi saya tetep harus jalan, menuntaskan perjalanan itu. Teman-teman yang udah di puncak makin heboh neriakin semangat buat saya. Dan akhirnya, Tuhan ngasih saya kesempatan untuk menginjakkan kaki di puncak Merbabu, menikmati betapa megah lukisan alam yang telah diciptakan-Nya.. MySpace

Dan setelah sampe puncak, semua rasa capek menguap entah kemana.. berganti dengan semangat buat foto-foto sebanyak mungkin. MuahahahahahaMySpace

angkatan 5 selalu bahagia \m/
Di puncak mungkin cuma sekitar setengah jam-an, setelah itu kita turun lagi ke tempat camp buat packing trus persiapan buat turun. Kalo buat naek butuh waktu 8-10 jam, buat turun cuma butuh setengahnya. Kira-kira 4 jam-an gitu. Hari Senin sekitar jam setengah 10 malam, saya sampai di Base Camp dengan selamat, walaupun selama perjalanan turun ada beberapa adengan kepeleset, ndlosor, ngglinding dan ngguling  MySpace

Btw, Merbabu ini adalah pendakian ke tujuh buat saya. Mulai dari Kawi - Arjuno - Arjuno - Bromo - Mujur - Panderman - Merbabu. Mungkin beberapa orang menyangkal bahwa Bromo, Mujur, dan Panderman adalah gunung. Tapi saya tetap menganggap tiga-tiga nya adalah gunung. Ga terima? Suka - suka yang nulis dong MySpace

Sama seperti pengalaman sebelumnya, buat saya naik gunung itu kayak mimpi. Saya sendiri ga percaya kalo pernah kesana, saya ga percaya kalo saya pernah berdiri di puncak-puncak itu..

Terakhir, saya ingin berterima kasih pada keluarga besar KOMPAS OA ES yang telah mengajak saya berpetualang selama setahun belakangan ini. Terima kasih untuk teman-teman yang udah meng-cover saya selama naik dan turun. Terima kasih untuk semangat dan moivasinya. Terima kasih untuk cerita dan kenangan indah yang telah kita lalui bersama hahaseeeek MySpace

Selamat libur panjang Kakak-kakak, teman-teman, dan adik-adik KOMPAS.. Saya pasti kangen kalian semuaaaaa MySpace