13 Jul 2012

Kenapa Susah MOVE ON?

Kenapa susah MOVE ON?


Entah kenapa banyak orang disekitar saya yang susah Move On (termasuk saya sebenarnya). Bahkan di novel-novel yang pernah saya baca, kebanyakan tokohnya susah Move On dan nanti ujung-ujungnya balikan lagi sama si mantan. Ada apa dengan 'MOVE ON' ? Kenapa dua kata itu sangat amat sulit untuk diterapkan?

Buat kalian yang belum bisa move on, jangan bersedih.. karena saya akuin move on itu emang susah kok. Perlu ada tekad, niat, dan usaha yang begitu bueeesaaar untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan. Dan cuma diri kita sendiri yang menentukan kita bisa move on atau gak, karena dalam hidup ini kita yang memutuskan, memilih, dan menjalani, right?

Kalo dipikir pikir lagi, kenapa sih bisa ada kata Move On? Jawabannya adalah karena kita pernah punya (mantan) pacar. Coba kalo gak pernah pacaran, gak bakalan ada yang namanya mantan, yang kemudian berujung pada tragedi susah Move On. Lalu kenapa bisa ada makhluk yang bernama 'mantan'? Karena pacaran itu cuma punya 2 ujung, kalo gak nikah ya putus. Jadi, harusnya kita udah siap akan resiko 'susah move on' saat pertama kali PDKT ama si calon pacar. Kasarnya sih ya : DL kalo susah move on MySpace


Ada yang pernah bilang ke saya, katanya kalo mau move on tinggal cari pengganti sang mantan, dan doi harus lebih dari si mantan. Lebih baik, lebih kece, lebih setia, lebih nyenengin, dan lebih - lebih yang lainnya. Karena kalo kita gak nyari yang 'lebih', nanti kita bakal terus menganggap sang mantan is better yang ujung-ujungnya kita gagal move on (lagi). Nah masalahnya kalo nyari yang 'lebih', artinya kita diharuskan menetapkan standar yang lebih tinggi. Kita jadi selektif. Bahkan bisa jadi kita nyari orang yang mirip ama mantan atau ngubah seseorang buat jadi seperti mantan kita yang dulu.

Yang bisa saya simpulkan dari masalah ini adalah hati manusia itu pengecut. Ia terlalu lelah untuk disakiti kedua kalinya, hingga ia lebih memilih over protective terhadap dirinya sendiri. Gak berani nyari yang baru dan yang beda. Gak mau untuk mengulang semua proses dari awal lagi. Gak mau keluar dari zona nyaman yang pernah dia dapatkan waktu lagi sama mantan. Gak berani melakukan perubahan apapun. Terlalu lelah untuk beradaptasi lagi..

Lebih parah lagi kalo udah punya pacar baru, tapi masih inget-inget mantan apalagi masih berhubungan. Kita cuma akan menambah daftar orang yang kita sakiti dengan melakukan hal itu. Siapa yang gak sakit hati kalo cuma dijadikan pelarian? Saya pernah baca kalimat ini, tapi saya lupa bacanya dimana : If you can't forget your past, you'll just hurt your future.

Kadang saya suka serem kalo ngebayangin misalnya nanti saya nikah, punya suami, trus saya masih merindukan sang mantan. Gak adil buat suami saya dong. Atau misal sebaliknya, suami saya masih inget-inget mantannya. Nauduzbillah.. saya gak rela lahir batin. Jadi bisa disimpulkan, penyakit 'susah move on' , kalo gak diatasi sejak dini, bisa membahayakan kehidupan jangka panjang..

Trus caranya gimana, Rau? MySpace

Kalo menurut saya pribadi sih, langkah pertama yang harus diambil dalam rangka mensukseskan program Move On adalah dengan cara membatasi komunikasi ama mantan. Kalo perlu jangan pernah ada komunikasi lagi sama mantan. Jangan pernah ketemu-ketemu lagi. Pokoknya gak ada urusan apapun yang mengharuskan kita ngomong atau berada di tempat yang sama dengan mantan. Kayaknya kejam banget ya cara ini? Ya emang ! Kadang kita emang harus tega, demi kebaikan bersama..

Tapi, saya akui juga kalo langkah pertama ini tidak mudah untuk direalisasikan, karena sedikit banyak rasa rindu ama mantan itu pasti ada #tsaaaah

Second step is go fishing! Istilah 'Go Fishing' disini maksudnya adalah cari gebetan. Gebetan bukan berarti pacar baru loh ya. Cukup someone yang bisa diajak seru-seruan dan temen smsan supaya HP gak sepi-sepi banget MySpace. Kenapa gak langsung cari pacar baru aja? Karena kalo langsung cari pacar baru, nantinya si pacar bakalan cuma jadi pelarian. Don't hurt someone else kalo cuma untuk ngelindungin diri sendiri. Move On butuh proses, butuh waktu. Jadi, kalo emang hati kita belum siap sepenuhnya, mending jangan pacaran dulu deh..

And the last step is open your heart, open your mind and give chance. Yap, belajarlah memberi kesempatan buat mereka yang lagi ngedeketin kamu (ini yang lagi saya coba sekarang *curcol). Setiap kali saya dekat dengan seseorang, kemudian ada kelakuannya yang gak sreg ama saya, saya selalu mendengungkan kalimat "kasih kesempatan.. kasih kesempatan.. kasih kesempatan" di dalam hati. Untuk mecegah supaya saya gak cepet illfeel. Gak bisa dipungkiri, kita bakal ngebandingin orang yang lagi sama kita sekarang, dengan si mantan yang pernah ada di masa lalu. Gak tau kenapa, si mantan akan selalu terlihat lebih baik. Pola pikir seperti ini yang harus kita ubah. Tuhan menciptakan manusia secara personal, bukan secara massal. Jadi wajar kalo si dia yang sekarang itu beda ama si mantan yang dulu. Baik dari segi karakter ataupun dari cara dia memperlakukan kita.

However, ketiga langkah diatas gak gampang untuk dilakukan.. kita harus mensugesti diri sendiri bahwa segala sesuatunya bukan masalah bisa atau tidak bisa, melainkan mau atau tidak mau.

Satu hal yang perlu kita ingat adalah kita tidak akan pernah bisa mengembalikan waktu, mengulang sesuatu yang telah berakhir. Kita juga harus belajar memegang prinsip dan menjalani komitmen yang kita buat sendiri. Ketika kita 'mengiyakan' ajakan putus dari mantan, ataupun 'memutuskan' hubungan dengan si mantan, kita harus menjalani kesepakatan itu. Jangan biarkan diri kita terjebak dalam ilusi akan kehidupan kita yang terlihat bahagia waktu masih bareng (mantan) pacar. Dan balikan sama mantan tidak lebih dari sebuah peluang menyakiti diri sendiri untuk kesekian kalinya..


Oke, sekian postingan kali ini. Semoga gak bikin kalian galau MySpace. Thanks for reading yaaa..

Dan semoga kita semua bisa move on as soon as possible !! MySpace

1 komentar:

Leave your comment here :D