25 Des 2011

"Gangguan Terindah Seorang Ibu"

Postingan ini sebenernya dalam rangka hari ibu. Cuma pas hari ibu kemaren, saya masih belum dapet inspirasi mau nulis apa. Kalo cuma ngucapin, “Selamat hari ibu, Ma...”, kayaknya udah biasa. Banyak blogger yang udah nulis kayak gitu diblognya masing-masing. Saya pengen ngebahas hal yang beda disini..

Tapi akhirnya inspirasi itu datang juga. Kali ini saya terinspirasi dari penulis favorit saya, bang Raditya Dika (sok akrab bgt dah manggilnya. huehehe). Kalo dari temen-temen ada yang udah baca buku terbarunya Raditya Dika yang judulnya Manusia Setengah Salmon, coba deh liat di bab “Kasih Ibu Sepanjang Belanda”, walaupun dibuku ini tulisannya bang Dika masih berbentuk tulisan komedi, tapi bab kasih sayang ibu sepanjang Belanda bener-bener bikin saya terenyuh... MySpace
Semakin bertambah umur kita, semakin kita ingin mandiri dari orangtua” (Raditya Dika – Manusia Setengah Salmon)


Setiap anak pasti ingin selalu dianggap dewasa oleh orang tuanya. Tapi percaya deh, seberapapun umur kita, orang tua pasti akan selalu menganggap kita anak kecil, bocah ingusan, atau anak kemaren sore yang belum cukup merasakan asam garam kehidupan.

Temen-temen ada yang punya Ibu over perhatian ga? Yang tiap hari nelponin mulu kerjanya? Ya, saya punya. 
Tiap hari Mama pasti nelpon saya. Nelponnya sih cuma nanyain hal-hal yang menurut saya kurang penting, tapi mungkin buat Mama ini penting banget. Cuma untuk nanyain saya lagi dimana atau lagi apa. Apalagi kalo saya bilang mau ke suatu tempat buat acara kampus, dijamin Mama bakal meningkatkan intensitas telpon dari biasanya. Yang biasanya nelpon 2x sehari, bisa jadi nelpon 4x sehari dan sms tiap jam. Jujur, kadang hal-hal seperti ini bikin saya risih. Saya ngerasa ga dipercaya sampe harus ditelponin kayak gitu.

Pernah beberapa bulan yang lalu, saya pergi ke tempat yang ga ada sinyal selama 3 hari. Sebenernya ada sinyal sih, walaupun sedikit. Tapi waktu itu HPsaya lowbat dan kemudian mati dengan sukses. Jadi, selama 3 hari itu saya ga bisa dihubungin sama sekali. Di perjalanan saya lumayan ga tenang karena kepikiran gimana kalo Mama telpon dan selalu berdoa dalam hati, walaupun kayaknya ga mungkin, semoga 3 hari itu Mama lupa nelpon. Setelah saya pulang, setelah HP saya idupin, banyak banget sms yang masuk, dan sebagian besar adalah sms dari Mama. Ga lama kemudian, Mama langsung telpon, “Kemana aja 3 hari HPnya ga aktif?”, Mama nelpon sambil nangis. Ya, waktu itu saya ngerasa bersalah banget, saya udah bikin Mama nangis.. MySpace

Bener apa yang ditulis bang Dika di bukunya ini. Buat saya yang masih punya Mama, walaupun beliau jauh, tapi jarak kita cuma satu pencetan telpon. Tapi gimana buat temen-temen saya yang Mamanya udah ga ada? Temen-temen saya yang udah terpisah "jauh" banget ama sang Mama, bahkan untuk selamanya mereka ga akan pernah bisa denger suara mamanya lagi..

Saya memang harusnya bersyukur. Mungkin diantara temen-temen saya ada yang iri gara-gara saya ditelponin Mama terus. Iri ama saya yang punya Mama perhatian walaupun kadang ngasih perhatiannya berlebihan. Dulu pernah kejadian, waktu itu saya abis telpon Mama, salah satu temen saya tiba-tiba bertanya, “Kamu deket banget ya ama Mama kamu?”. Berbanding terbalik ama saya yang sering ditelponin Mama, temen saya ini cerita kalo dia ga pernah ditelponin ama Mamanya sama sekali. Dia bahkan bilang kalo dia ga begitu deket ama ibunya..

 Sebuah paragraf di buku Manusia Setengah Salmon ini yang bikin saya pengen nangis :
Kita gak mungkin bisa selamanya ketemu sama orang tua. Kemungkinan terbesar adalah beliau yang lebih dulu pergi ninggalin kita. Orangtua kita bakal meninggalkan kita, sendirian. Dan kalau hal itu terjadi, sangat tidak mungkin buat kita untuk mendengar suara menyebalkan mereka lagi. Sesungguhnya, terlalu perhatiannya orang tua kita adalah gangguan terbaik yang pernah kita alami...”

Abis baca buku ini semalem, saya cuma pengen cepet-cepet tidur, supaya cepet pagi, dan saya bisa cepet telpon Mama. MySpace

Makasih, Ma..
Karena sampe hari ini ga pernah bosen sms ato telpon dengan menanyakan hal yang bahkan hampir sama setiap harinya, “Lagi apa, Nak?”
*Jangan nangis... jangan nangis.. jangan nangis.. jangan na.. MySpace

1 komentar:

  1. hua hua huahaaaa.... T_T
    sialan tulisanmu bagus banget >,< *jadi terharu...
    iya rau, bersyukur banget mesti kamu....aku belum pernah dapat perhatian dari Ibu ku seperti itu.... *hiks

    oh ya, manusia setengah salmon uda terbit ta?? kok cepet sih

    BalasHapus

Leave your comment here :D