3 Jun 2012

Pintar Dan Licik itu Beda Tipis !

Dia pikir dia siapa?
Bagi saya, dia tidak lebih dari sekedar orang sok pintar, yang suka sok baik, yang suka cari muka, yang suka mendominasi, yang suka meng-highlight dirinya sendiri.

Dia teman satu kelompok saya dalam mengerjakan tugas sebuah mata kuliah. Sistem kerja kelompok kita adalah bagi tugas, dan bagiannya adalah membuat konsep. Karena mungkin menganggap dirinya sudah berkontribusi besar pada kelompok dalam hal mengagas konsep, maka untuk hasil akhir, dia tidak mau tau.

Kita ada kendala di bagian finish-ing. Ketika diminta bantuan untuk finish-ing tugas tersebut, dia tidak mau membantu. Dengan alasan tadi, karena finish-ing bukan bagiannya. Bagiannya adalah membuat konsep dan tugasnya sudah selesai, titik.

Lucunya lagi dia mengirim sms berbunyi kurang lebih seperti ini :
“Aku udah bikin konsep itu sejak 2 minggu yang lalu sampe bela-belain gak pulang supaya kalian punya banyak waktu buat mengerjakan.. bla.. bla.. Gajiku bulan ini dipotong gara2 sering gak masuk kantor. Semester depan aku harus bayar kost sama uang semester. Sementara tugasku yang laen juga menumpuk... bla.. bla.. bla..”

HELL BANGET GAK SIH?

Pertama, dia bisa kok bikin konsep di rumahnya, kalo dia emang niat mau pulang. Jaid, gak usah sok-sok an jadiin alasan "ga pulang" sebagai pembelaan supaya kita nganggep "kerja keras"nya bikin konsep itu. Yang saya tau, dia gak pernah pulang gara-gara pacarnya ada disini -____-

Kedua, dia mau dipotong gajinya kek, mau kerja apa kek, mau buat bayar apa kek, mau nungging, mau nyungsep, whatever she will do, aku loh gak ngurus, gak peduli, dan sama sekali gak simpatik !! Maksudnya apa ngomong gitu? Pengen ngasih tau ke seluruh dunia kalo dia udah mandiri? Mungkin dia gak tau peribahasa “kalau tangan kanan memberi, tangan kiri gak perlu tau”. Kalo dia emang udah mandiri, gak perlu koar-koar juga kalii -____-

Pada akhirnya, hasil tugas tersebut memang tidak memuaskan. Kalian tau apa yang dia lakukan? Dia bilang sama dosen kalau tugas tersebut adalah hasil jerih payahnya sendiri. Dia bilang kalau teman-teman kelompoknya tidak mau kerja. Dan entah pengaduan busuk apalagi yang dia katakan pada dosen tersebut.

Oke, memang dia yang bikin konsep. Tapi konsep yang dia bikin itu masih kasarannya. Yang memoles konsep itu menjadi tugas seutuhnya adalah teman-teman sekelompok lainnya. Walaupun mungkin hasilnya kurang memuaskan, tapi saya pikir yang namanya hasil, bagaimanapun bentuknya, itu adalah resiko semua anggota kelompok.

Saya tau kalo itu cuma taktik dia untuk dapet nilai bagus. Karena tugas kelompok kami hasilnya jelek, supaya dia gak dapet nilai jelek juga, dia carmuk sama dosen dengan bilang kalau teman-teman yang sekelompok sama dia itu gak kerja. Taktik lawas sodara-sodara..

Saya dan teman-teman tau masalah ini karena dia bercerita pada beberapa teman kami yang lain, yang kemudian salah satunya bercerita pada saya dan teman-teman kelompok. Udah nge-jelek jelekkin temen sekelompok di depan dosen dengan mengarang cerita dari mulut manisnya itu, ditambah lagi ngejelek-jelekin kami di depan teman teman lainnya.

Itu yang bikin saya dan teman-teman kelompok sakit hati.

Saya baru kali ini sekelompok sama dia. Next time, gak bakal lagi deh sekelompok sama orang sok ngatur dan suka mendominasi seperti dia.

Saya gak bisa protes karena saya bukan tipe orang yang bisa blak-blakan kalo ngomong. Mulut saya rem-nya masih pakem. Terpaksa saya nulis di blog ini supaya saya gak sakit liver gara-gara memendam emosi.

Buat saya, nilai bukan satu-satunya parameter untuk mengetahui seseorang pintar atau tidak. Dan dimata saya, dia samasekali tidak pintar, melainkan licik. Licik agar orang-orang beranggapan bahwa dia pintar. Sayangnya saya tidak bodoh dan tidak buta, jadi saya tidak akan pernah simpatik padanya, apalagi sampai menganggap dia pintar. Sesungguhnya pintar dan licik itu memang beda tipis.

Tuhan Maha Adil.. semoga Tuhan membalas semua perbuatanmu anak muda~

2 komentar:

  1. B) gue tau maksud lohhh

    udah banyak kok yg cerita sama aku tentang dia...dan belom pernah ada cerita yang bagus =,="
    semuanya sumpah serapah menyebalkan juga rau...

    it doesnt matter that you hate her! because almost 2 years i hate her B) ahahahahhh

    BalasHapus
  2. tiap kali baca komenmu ini, bikin aku pengen ketawa nim :)))

    BalasHapus

Leave your comment here :D